Monday, February 16, 2009

PERIODONSIA

PENDAHULUAN

Bagi kebanyakan orang istilah periodonsia mungkin agak asing terdengar,tapi bagi seorang dokter gigi ataupun mahasiswa kedokteran gigi Periodonsia adalah istilah umum yang sudah menjadi bahasa keseharian.



penyakit periodontal akibat merokok


gingiva normal


Pengertian Periodonsia

Sebelum membahas apa itu Periodonsia sebaiknya kita mengenal dahulu apa itu Periodonsium, Periodontics dan Periodontologi.

Periodonsium adalah jaringan yang mendukung dan mengelilingi gigi geligi yang mencakup gingiva, tulang alveolar, ligamen periodontal dan sementum. Periodonsium terdiri dari jaringan keras dan lunak yang berfungsi untuk mempertahankan gigi pada tempatnya dan juga menjadi tempat tertanam gigi tersebut.

Periodontologi didefinisikan oleh AAP (The American Academy of Periodontology) sebagai kajian ilmiah mengenai Periodonsium dalam keadaan sehat dan sakit. Didalam buku Periodontics Grant, Stent dan Everett mendefinisikan Periodontologi sebagai ilmu klinis yang berkaitan dengan Periodonsium dalam keadaan sakit dan sehat.

Periodontics berdasarkan terminology dari The American Academy of Periodontology (AAP), didefinisikan sebagai cabang Kedokteran Gigi yang berkaitan dengan diagnosis dan perawatan dari penyakit yang melibatkan jaringan yang mendukung dan mengelilingi gigi. Sedangkan Grant, Stent dan Everett menjelaskan Periodontics adalah praktek atau aplikasi dari ilmu Periodontologi. menjelaskan bahwa

Periodonsia adalah suatu istilah tunggal yang dirangkum dari istilah Periodontologi dan Periodontics. Hal ini berdasarkan pada kesepakatan pengasuh mata kuliah Periodonsia dari enam Fakultas Kedokteran Gigi pada Konsorsium Ilmu Kesehatan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI di tahun 1993, yang mana pada konsorsium tersebut Periodonsia didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari jaringan Periodonsium (gingival, tulang alveolar, ligament periodontal dan sementum) dalam keadaan normal maupun menyimpang, dan tindakan pencegahan, perawatan serta pemeliharaannya untuk menjaga dan mengembalikan fungsi sistem stomatognatik yang optimal.


SEJARAH

Periodonsia bukanlah ilmu yang baru ditemukan beberapa tahun belakang ini tetapi Periodonsia telah ditemukan seiring dengan adanya penyakit Periodontal yang sudah ada sejak dahulu kala. Ilmu Periodonsia berkembang dalam dua tahap kurun waktu, yaitu sebelum berkembangnya kedokteran gigi modern dan setelah berkembangnya kedokteran gigi modern.

Dari kitab kuno pengobatan India telah dijelaskan mengenai penyakit Periodontal yang disertai gigi yang goyang dan pernanahan dari tepi gingiva. Dijelaskan juga cara menyikat gigi dengan cara mengunyah ranting tanaman tertentu.

Sedangkan dalam kitab pengobatan Tiongkok kuno (2500SM) dikemukakan tentang penyakit yang terjadi di jaringan lunak disekeliling gigi, dan telah dikenal juga obat-obatan untuk perawatan penyakit gusi serta cara menyikat gigi dan masase gingiva dijelaskan juga.Sedangkan bangsa Mesir kuno telah menemukan obat-obatan dari tumbuhan yang dapat memperkuat gusi.

Hippocrates (460-337SM), Bapak Kedokteran Modern, mengemukakan bahwa Kalkulus (karang gigi) sebagai penyebab radang gingiva (gusi) yang menyebabkan terjadinya perdarahan.



Hipokrates (bapak kedokteran modern)


Aulus Cornelius Celcus (25-50SM), seorang tabib Romawi, telah melakukan pengobatan terhadap penyakit gingiva dengan air buah pir dan pembakaran gingiva dengan besi panas serta pembersihan stein dari permukaan gigi.

Aulus Cornelius Celcus (25 – 50 SM)


Pada zaman Peradaban Islam juga telah dibahas mengenai penyakit Periodontal. Ilmuwan-ilmuwan Islam pada zaman itu seperti Ibnu Sina (980-1037) telah menulis mengenai gambaran klinis dari penyakit Periodontal seperti pendarahan pada gusi, ulkus pada gusi, terpisahnya gusi dari gigi dan epulis. Ilmuwan lainnya seperti Abu Kasim (936-1013) telah membahas mengenai kalkulus dan teknik skeling.

Ibnu Sina (980 – 1037)

Ilmuawan besar Islam


Abu Kasim (936 – 1013)

Arab Surgeon(Father of Modern Surgery)


Pada abad ke XIX John W. Rigg,dokter gigi Amerika, membahas penyakit Periodontal dan perawatannya. Karena kegigihannya membahas masalah Penyakit Periodontal ini maka Penyakit Periodontal yang di Eropa dikenal sebagai pyorrea alveolaris maka di Amerika penyakit ini dikenal dinamakan dari nama dokter Rigg yaitu Rigg disease.


Bersambung....................















2 comments:

  1. calon dokter gigi, ditunggu kelanjutannya :D

    btw, iko vina, pau.

    see: vinaceous911.blogspot.com

    ReplyDelete

Free Shoutbox Technology Pioneer