Monday, March 2, 2009

PENGANTAR ILMU BEDAH

Sebuah catatan kuliah calon dokter gigi

Sabtu lalu tanggal 7 februari 2009 saya kuliah tentang ilmu bedah. Berhubung saya kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi maka dosen yang mengajar ilmu Bedah didatangkan dari dosen Fakultas Kedokteran. Kuliah saya pagi ini dimulai pada pukul sepuluh pagi. Berhubung mata kuliah ini adalah kuliah wajib semester empat di fakultas saya, maka mahasiswa yang mengikutinya ada sekitar seratus lebih. Untung saja ruang kuliah saya telah dilengkapi sistem pendingin yang baik sehingga tidak begitu masalah dengan jumlah mahasiswa yang demikian banyaknya.

Pukul sepuluh tepat dosen nya datang, beliau berperawakan sedang dengan perut sedikit buncit, kepala yang sudah mulai memutih dan juga mulai botak di bagian depannya. Beliau mengenakan kemeja lengan panjang yang bagian ujungnya dilipat sedikit, celana kai hitam dan sepatu kulit yang disemir rapi. Sayang sekali ketika memulai kuliahnya beliau tidak menyebutkan namanya dan oleh sebab itu saya tidak bisa menuliskan nama beliau disini. Tapi satu hal yang dapat saya pastikan dari identitas beliau adalah seorang dokter bedah sekaligus juga dosen di fakultas kedokteran salah satu universitas negeri yang ada di tanah Deli ini.

Kuliah yang beliau berikan hari itu adalah pengantar Ilmu Bedah. Dalam tulisan ini saya akan mencoba untuk menuangkan ilmu yang peroleh dari beliau pada hari itu.

PENGERTIAN ILMU BEDAH

Ilmu bedah didefinisikan sebagai salah satu disiplin Ilmu Kedokteran yang berkaitan dengan pengobatan dan penatalaksanaan berbagai macam penyakit dengan cara pembedahan atau operasi.

Adapun berbagai macam penyakit-penyakit yang dikelompokkan sebagai penyakit yang dapat ditangani dengan pembedahan adalah :
1. Penyakit Infeksi
Yaitu penyakit yang disebabkan oleh berbagai jenis jasad renik (mikroorganisme) seperti: bakteri, virus, jamur dan parasit. Contoh penyakit infeksi ini adalah :
a. appendicitis ocuta atau apendicitis chronica. Dalam bahasa umumnya dikenal sebagai usus buntu.

b. Abscess, dalam bahasa sehari-hari kita mengenalnya dengan nanah

c. Necrosis atau Gangren Infeksi

d. Cholecystitis yaitu radang pada kantong empedu.



2. Kongenital
Penyakit – penyakit Congenital (yang dibawa sejak lahir) yang dapat diobati dengan pembedahan adalah :
a. Cleft lips atau tukak bibir. Masyarakat mengenal penyakit ini dengan sebutan bibir sumbing.
b. Cleft Palate. Hampir sama dengan Cleft Lips tapi bedanya celah Cleft Palate ini menembus langit-langit.

c. Hydrocepallus


d. Polydactily


e. CTEV (Congenital Talipes Equino Varus). Penyakit yang dalam sehari-hari kita kenal dengan istilah Pengkor.

3. Neoplasma
Neoplasma adalah pertumbuhan sel diluar kontrol tubuh sedangkan tumor adalah setiap pembengkakan yang abnormal didalam tubuh. Tumor ini dibagi menjadi dua yaitu Benigna dan Maligna. Maligna inilah yang dalam keseharian kita sebut sebagai kanker. Contoh dari Neoplasma ini adalah :
a. Carcinoma Mamma (Breast cancer)
b. Carcinoma penis
c. Kista Atheron, yaitu pembengkakan pada kelenjar minyak.
d. Lipoma

4. Trauma / Ruda Paksa / Injuri / Cedera
Trauma dapat dibagi berdasarkan pada penyebabnya.

bersambung.......

1 comment:

  1. pengen tahu tentang CTEV lebih jauh dunk???
    ada tugas tutoril yang menanyakan etiologi serta patofisiologi terjadinya CTEV soalnya... makasih
    yuliz, lampung

    ReplyDelete

There was an error in this gadget

terbaru

Loading...